Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Gorontalo

  • Sri Wiwin A. Moha Universitas Negeri Gorontalo
  • Hartati Tuli Universitas Negeri Gorontalo
  • Victorson Taruh Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online maxim di kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan langsung kepada mahasiswa akuntansi Unniversitas Negeri Gorontalo. Metode pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling diperoleh 31 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan IBM SPSS 16 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikolinieritas. Pada uji hipotesis assurance, reliability, tangible, emphaty dan responsiveness, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan maxim. Hasil secara simultan assurance, reliability, tangible, emphaty dan responsiveness, secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai determinan sebesar 53% sedangkan sisanya sebesar 47% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan
Published
2024-06-30
How to Cite
Moha, S. W. A., Tuli, H., & Taruh, V. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Gorontalo. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 3(1), 66-79. https://doi.org/10.37479/jamak.v3i1.169
Abstract Views : 385 | pdf Views : 930