Teori Konsumsi Islam menurut Prinsip Syariah: Kajian Perbandingan Literatur
Abstract
Perilaku konsumen dalam Islam selalu berpedoman pada prinsip syariah yang menjadi pedoman masyarakat dalam mengonsumsi produk dan jasa yang halal, bermanfaat, dan tidak berlebihan. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mengkaji teori konsumen Islam berdasarkan nilai-nilai Al-Quran dan Sunnah serta membandingkannya dengan teori konsument radisional. Dengan menggunakan penelitian literatur. Penelitian ini menunjukkan bahwa teori konsumsi Islam menekankan aspek kesederhanaan, keseimbangan, dan keberlanjutan dalam pola konsumsi individu dan masyarakat. Hasil utama menunjukkan bahwa, berbedadengan pendekatan materialistis pada teori konsumsi tradisional, teori konsumsi Islam memberikan perspektif holistik yang mempertimbangkan aspek spiritual, sosial, dan lingkungan. Makna dari penelitian ini adalah memberikan wawasan baru dalam memahami perilaku konsumen yang sejalan dengan prinsipIslam dan memberikan referensi untuk mengembangkan kebijakan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan bermartabat.
Copyright (c) 2024 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.