Penerapan Aplikasi Digital Service dalam Transaksi Gadai Emas di Pegadaian (Persero) UPC Kota Gorontalo

  • Moh Frizi Frizi Universitas Negeri Gorontalo
  • Jelsika Audia Paputungan Universitas Negeri Gorontalo
  • Mirjan Moputi Universitas Negeri Gorontalo
  • Icayanti Rustam Universitas Negeri Gorontalo
  • Tri Rahmawati Kidam Universitas Negeri Gorontalo

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memudahkan masyarakat dalam berbagi informasi lebih cepat dan membawa kemajuan bagi lembaga pegadaian. Kini, untuk mendukung fasilitas dan pelayanan konsumen, nasabah dapat melakukan transaksi gadai dan transaksi lainnya melalui aplikasi Pegadaian Digital Service di smartphone (Arimbi & Sariani, 2023). Salah satu produk pinjaman yang ditawarkan oleh Pegadaian (Persero) adalah Kresida, yang memiliki sistem angsuran bulanan dan ditujukan untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif (Manik et al., 2023). Mengetahui bagaimana implementasi program Pegadaian Digital Service (PDS) dalam transaksi gadai emas serta pemanfaatannya di UPC Pegadaian (Persero) Kota Gorontalo menjadi tujuan dari penelitian ini. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan peneliti melakukan kunjungan langsung ke outlet untuk mewawancarai staf di kantor PT. Pegadaian (Persero) di UPC Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nasabah sebaiknya memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) untuk mempermudah proses transaksi di PT Pegadaian UPC Kota Gorontalo. Dengan mengunduh aplikasi ini di smartphone, pelanggan dapat melakukan transaksi dengan lebih praktis.

Diterbitkan
2024-12-31
Abstrak Views : 153 | pdf (English) Views : 97